Wednesday 21 January 2015

Waspada, Bahaya Bakteri Listeria pada Makanan Kurang Matang

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus tercemarnya apel oleh bakteri listeria di Amerika turut menimbulkan kewaspadaan di dalam negeri.
Betapa tidak, infeksi akibat bakteri listeria tersebut telah menyebabkan tiga orang tewas dan sejumlah lainnya sakit di AS dan Kanada. Bahkan, Malaysia pun kini telah melarang peredaraan apel asal Amerika Serikat (AS) karena produk tersebut didapati telah tercemar listeria.

Apel jenis Granny Smith dan Gala juga telah ditarik dari peredaran setelah diketahui telah tercemar listeria sejak dalam proses produksinya di Shafter, California.  Dari mana sebenarnya bakteri tersebut dan apa bahayanya bagi tubuh?
Listeriosis adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri gram positif, motil, Listeria monocytogenes. Bakteri ini dapat hidup di suhu dingin hingga 10-4 derajat celsius. Maka itu, bakteri listeria dapat bertahan hidup di pendingin atau lemari pembekuan. Bakteri Listeria biasanya ditularkan dengan makanan yang terkontaminasi dan menyebabkan infeksi serius terutama pada orang tua, ibu hamil, bayi, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Melalui makanan, bakteri listeria paling sering diperoleh dari susu mentah, susu yang pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, buah-buahan, sosis fermentasi, daging merah, unggas, dan ikan mentah.

Gejala listeriosis biasanya berlangsung 7-10 hari. Gejala yang paling umum adalah demam dan nyeri otot. Mual dan diare adalah gejala yang kurang umum. Jika infeksi menyebar ke sistem saraf dapat menyebabkan meningitis, infeksi menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Gejala meningitis adalah sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang.

Listeria bahkan disebut lebih berbahaya daripada Salmonella. Bakteri Salmonella merupakan 1 persen penyebab kematian,  sedangkan listeria 25 persen.

Pencegahan total memang tidak bisa dilakukan. Maka  itu, pastikan Anda mengnsumsi makanan yang benar-benar matang. Pasalnya bakteri listeria baru bisa mati pada temperatur 75 derajat celsius. (Berbagai sumber) 


Sumber : http://rona.metrotvnews.com
Nb : Klik iklannya yah ^_^
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2014 KIR News
Desain KIR SMAN 1 KANDANGAN buatan Sendiri bro ^_^
SEKRET KIR
Posts RSSComments RSS
Back to top